Home - B Young Journalist
YOUNG JOURNALIST
Selasa, 17 Juli 2012
Mengunggah Artikel dari Warnet (1)

Belum tentu semua teman kita memiliki komputer dan jaringan internet sendiri. Sebagian mungkin masih memanfaatkan jasa warung internet alias warnet.

Bagi anggota B Young Journalist, ada yang perlu kamu perhatikan jika mengunggah tulisan dan foto dari warnet.

Bagi yang Memiliki Komputer
Tulis artikelmu di rumah. Bisa dalam program microsoft word atau notepad. Simpan tulisanmu itu. Sudah tahu cara menyimpannya, kan?

Klik kata “file” di pojok kiri atas pada program notepad atau microsoft word versi 97-2003. Atau, klik “office button” pada microsoft word versi 2007 ke atas. Office button ini berupa gambar lingkaran berisi kotak-kotak merah, kuning, hijau, biru. Letaknya pojok kiri atas.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah pada gambar berikut:   

0005-unggah dari warnet-1

Letak Office Button

0005-unggah dari warnet-2

Klik "Save" atau "Save As"

0005-unggah dari warnet-3

Ketik nama file / datamu.

0005-unggah dari warnet-4

Menyimpan file dari Notepad.

Tulisan yang sudah kamu simpan, lalu pindahkan dalam flashdisk. Dengan flashdisk ini, kamu dapat memindahkan tulisan yang sudah kamu buat ke komputer warnet.

Bagi yang Belum Punya Komputer
Kamu tulis dulu artikelmu di notes atau buku catatanmu. Tulis sampai benar-benar oke. Setelah itu, baru kamu ke warnet. Dengan begini, kamu lebih hemat waktu dan uang. Sebab, kamu hanya tinggal mengetik artikel saja dan mengunggahnya.

Langkahnya sama seperti di atas. Kamu ketik tulisanmu sampai selesai. Lalu, simpan tulisanmu seperti langkah di atas. Bedanya, kamu harus memilih tempat menyimpan yang mudah kamu lihat.

Simpanlah tulisanmu di desktop. Desktop adalah halaman monitor komputer yang tampak sebelum kamu membuka program apapun.

Untuk menyimpannya, ikuti cara berikut:

0005-unggah dari warnet-5

Simpanlah di desktop!

Unggah Tulisanmu!
Untuk mengunggah tulisan di B Young Journalist, kamu harus mendaftar menjadi anggota dulu. Cara mendaftar, bisa kamu lihat di sini .

Setelah terdaftar, kamu bisa mulai mengunggah tulisanmu. Silakan baca caranya di sini .

Hapus Tulisanmu!
Selesai mengunggah, hapuslah tulisanmu dari komputer itu. Jika kamu punya flashdisk, pindahkan dulu tulisanmu itu ke flashdisk sebelum dihapus.

Agar tulisan yang sudah kamu hapus tidak dapat dipanggil lagi, lakukan cara berikut. Arahkan kursor pada nama file atau data berisi tulisanmu. Klik sekali untuk mengunci file. Telunjuk tangan kirimu tekan “shift” lalu telunjuk tangan kanan tekan “Delete”.

Tulisanmu akan terhapus sama sekali, hingga tak mungkin dipanggil lagi. Ini untuk mengamankan tulisan karyamu. (Bersambung )

Bobo
Bobo

56 Artikel

blog comments powered by Disqus
Kompas Gramedia Majalah
Copyright © Majalah Bobo, All Rights Reserved 2014.
logoKG