Pengalamanku
Rabu, 07 Januari 2015
Cara Upload Karyamu di Bobo Online

Bobo Online  - Sudah banyak teman kita yang mengupload (mengunggah) tulisan dan fotonya di Bobo Online. Namun, beberapa di antaranya, agaknya masih belum begitu paham tata caranya. Bagaimana cara upload karyamu di Bobo Online?

Sign In

Untuk bisa mengirim tulisan, gambar, foto, atau komentar di Bobo Online, kita harus jadi anggota dengan cara "Sign In". Kenapa harus jadi anggota dan harus sign in? Tujuannnya agar kita semua, masing-masing memiliki identitas diri. Yaitu ada nama, foto atau avatar, email, dan lainnya. Identitas teman-teman secara otomatis akan disimpan di komputer dan dijamin aman.

Dengan adanya identitas diri, kita masing-masing belajar bertanggungjawab terhadap apa yang kita tulis atau komentarkan. Artinya, apa yang kamu tulis atau komentarkan sepenuhnya menjadi tanggungjawab kamu. Kalau kamu mengeluarkan kata-kata kotor, tidak sopan, atau menyinggung perasaan orang lain, kamulah yang harus bertanggungjawab. Sebaliknya, kalau tulisanmu bagus, sopan, rendah hati, cerdas, bijak... kamulah yang akan mendapat pujian.

Jadi tolong berkomentarlah yang baik. Mau mengkritik boleh-boleh saja, tetapi harus yang sopan. Selain itu, tolonglah jangan pasang avatar yang seronok, vulgar, atau porno. 

Sign Up

Kalau kamu belum mendaftar, mendaftarlah dengan klik "Sign Up". 

0003-upload1-sign up

Klik Sign Up untuk mendaftar jadi anggota.

 Isilah kolom Register untuk mendaftar sebagai anggota. Isilah data-data yang diminta. Percayalah, bahwa data-data tersebut akan aman dan tidak bakal keluar ke pihak lain. Ingat, sebelumnya, kamu harus  sudah punya akun email, ya.... Akun email bisa mengggunakan email orang tua atau kakak.

Setelah pendaftaranmu diterima, kamu akan diberi ruang pribadi. Jika mau masuk ruang itu, kamu klik "Sign In".

0003-upload2-register

Isi kolom pendaftaran dengan benar.

Isilah kolom Username dan Password seperti yang kamu tulis saat mendaftar di kolom Register. Catatlah username dan password kamu di buku catatan agar kamu bisa mengingatnya lagi kalau lupa. 

Tulisan atau Gambar?

Setelah kamu masuk ke ruangmu, kamu bisa mulai menulis. Caranya, klik "Kirim Tulisan" di bawah gambar Bobo dan akan keluar petunjuk "Kirim Tulisan" dan "Kirim Gambar".

0003-upload3-login

Isi username dan password untuk masuk ke ruangmu.

Pilih "Kirim Tulisan" jika kamu hendak mengirim tulisan yang dilengkapi foto (tulisannya banyak, fotonya satu).

Pilih "Kirim Gambar" jika kamu hendak mengirim karya berupa gambar, komik, atau foto (gambar disertai keterangan berupa teks).

Pilih Kategori

Pilihlah kategori yang sesuai dengan jenis tulisanmu. Kategori My School adalah tulisan dan foto yang berisi tentang kegiatan sekolah atau prestasi sekolah. Kategori B-Young Journalist adalah tulisan dan foto yang berisi pengalamanmu sehari-hari (misalnya, kegiatan jalan-jalan, kegiatan yang menyenangkan, kegiatan yang bermanfaat, kegiatan kunjungan, persahabatan dan lainnya). Jadi bukan cerita fiksi, tetapi pengalaman nyata. Kategori "Klinik Cerita" adalah tulisan yang berisi cerita fiksi (cerpen) hasil karya sendiri. Kategori "Kolom Nostalgia" adalah tulisan yang berisi kenangan masa kecil pada saat kita masih kecil atau kira-kira masih TK. Ingat, setiap tulisan pengalaman wajib disertai foto.

Sedangkan kategori "Gambar" ini khusus untuk mengirim foto karyamu, gambar karyamu, atau komik karyamu. Ingat, setiap gambar harus ada judulnya dan keterangan singkatnya.

Kolom Artikel

Sebelum mengirim tulisan dan foto, siapkan dulu tulisan (teks) dan foto kamu pada komputer. Jangan menulis langsung pada saat internet sedang jalan karena bisa menghabiskan kuota internet. Setelah siap, kamu bisa copy paste pada kolom yang telah disediakan.

Ada kolom Judul . Ini tempat kamu mengetikkan judul tulisanmu, misal "Berlibur ke Yogyakarta". Perhatikan, sesuai dengan tata bahasa, setiap awal kata menggunakan huruf besar.

Kolom Deskripsi . Isilah dengan satu kalimat yang membuat penasaran pembaca. Misalanya, "Di Yogyakarta, aku mendapat kejutan istimewa!".

Kolom Isi . Isilah dengan artikel dengan cara copy paste artikel yang telah kamu siapkan. 

0003-upload4-select channel

Klik Bobo Young Journalist untuk menulis di sini.

Foto

Jangan pernah lupa memasukkan foto. Ini syarat agar tulisanmu bisa tampil di Bobo Young Journalist. Caranya, perhatikanlah di bawah kolom “Isi”, tempat kamu menulis artikelmu, ada kolom “Gambar/Foto”. Kamu klik “Browse…”. Nanti akan muncul kolom tempat kamu memilih foto atau gambar yang akan kamu upload (unggah). Pilihlah foto yang paling sesuai dengan isi tulisanmu. Pilih foto yang berbentuk horisontal (memanjang ke samping).

0003-upload5-menulis

Jangan lupa sertakan foto, ya....

Selesai memilih foto, klik “Simpan”. Selesai....

Tulisanmu akan masuk ke dalam server Bobo. Kakak redaksi perlu waktu untuk membaca artikel kirimanmu. Jika tulisanmu lengkap (ada tulisan dan foto), tulisan dan fotomu akan tampil di Bobo Online. Begitulah prosesnya. Bobo tunggu ya... Gampang, kan…. ^_^

Bobo
Bobo

63 Artikel

blog comments powered by Disqus
Kompas Gramedia Majalah
Copyright © Majalah Bobo, All Rights Reserved 2015.
logoKG