Home - B Young Journalist
YOUNG JOURNALIST
Selasa, 09 April 2013
R.A. Kartini
R.A. Kartini

R.A. Kartini

Wanita ini lumrah disebut dengan R.A Kartini (Raden Adjeng Kartini) yang lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879. R.A Kartini termasuk seorang "Priyayi" atau kelas bangsawan di Jawa. Putri dari Raden Mas Adipati Ario dan M.A Ngasirah ini sangat prihatin dengan rakyat miskin yang tidak dapat bersekolah.

Dahulu, pada zaman penjajahan, yang boleh bersekolah adalah laki-laki konglomerat atau bangsawan saja, selain golongan itu, sangat sulit bagi rakyat Indonesia untuk bersekolah. Karena R.A Kartini adalah seorang bangsawan, ia dapat bersekolah, walaupun itu hanya sebatas lulus SD. R.A Kartinipun mendirikan sebuah sekolah khusus wanita untuk anak remaja di daerah tersebut, nama sekolah itu adalah "Keutamaan Istri".

R.A Kartini yang mahir berbahasa Belanda juga belajar bersurat-suratan dengan temannya di Belanda, Rosa Abendanon. Selain bersama temannya itu, ia juga sering bersuratan dengan Stella Zeehandelan, ia bercerita tentang mimpinya yang ingin memajukan wanita Indonesia. Surat-surat pribadinya itupun dibukukan dan menjadi sebuah buku yang berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang". Hingga akhir hayatnya, pada tanggal 17 September 1904, R.A Kartini wafat. Hingga kini, pada tanggal 21 April, kita selalu memperingatinya sebagai "Hari Kartini". Ya tidak?^^

blog comments powered by Disqus
Kompas Gramedia Majalah
Copyright © Majalah Bobo, All Rights Reserved 2014.
logoKG